Home » » Hindu, Aku Kembali PadaMu Bagian (II)

Hindu, Aku Kembali PadaMu Bagian (II)


Perbincangan berikut ini adalah cerita dari seorang Ricke Yuani, yang setelah memutuskan untuk nyaman memilih Hindu sebagai "way of life" (jalan hidup) dimana ketika Ricke menjadi Hindu mendapat kritikan keras dari rekan-rekanya. Namun berbekal kebenaran dari ajaran Veda, serta perbandingan dengan akal sehat yang logis, sehinga Rike terlepas dari agama-agama Dogmatis yang umumnya menepikan Logika.
Mari kita mengambil makna betapa Indahnya dan damainya mendalami Veda. Bersyukurlah saat ini jika kita adalah Hindu
Berikut kutipannya;


Dari inbox facebook seorang Ricke Yuani;
 **** ****** *****
Mohon di koment obrolan ini, bagaimana menurut anda semua....

Mokh Zainudin : Coba renungkan mengapa kita ada? untuk apa kita dilahirkan di dunia?

Ricke Yuani : koyok ustad ae..teko-teko dalil (Kaya Ustad aja pakai-pakai dalil)

Mokh Zainudin : sebagai teman aku hanya mengingatkan sebelum menyesali apa yang kau putuskan, karena penyesalan terjadi belakangan dan tak akan ada gunanya penyesalan itu....

Ricke Yuani : kenapa mesti menyesal ? ga ada yang aku sesali ko, karena kehidupan aku juga baik-baik aja. emang menurut kamu apa yang perlu aku sesali ? dan kamu mengingatkan untuk hal apa ya ? ko tiba-tiba ngomong gitu, emang aku ada yang terlupakan apa ?

Mokh Zainudin : Baik-baik aja?? jangan muna deh. Ga ada keluarga yang bahagia kalau ada salah satu anggotanya yang berbeda aku kecewa kamu lebih memilih orang yang berapa tahun aja kamu kenal dari pada keluarga kamu sendiri yang tau kamu sgalanya dri luar dalamnya kamu, mungkin keluargamu lebih kecewa bahkan sangat kcewa seperti yang aku bilang penyesalan datang belakangan mungkin sekarang kamu belum merasakan tapi suatu saat nanti pasti kamu mrasakannya dan sia-sia pnyesalan itu. Aku ngomong kayak gini untuk kebaikanmu juga yang terlupakan asal muasal siapa kmu ? Aku hanya bisa berdoa agar kamu dikembalikan ke jalan yang lurus.. Aminn..


Ricke Yuani : Emang kamu tau apa yang dirasakan keluarga aku ? Aku nggak muna ko, terserah orang mau bilang apa ke aku tapi intinya aku memlih ini bukan karena orang yang sleama ini ada dalam hidupku bertahun-tahun, tapi sesuai dengan pilihan aku sendiri. Aku siap dengan konsekuensinya. Aku mencari jalan bukan yang lurus tapi yang benar. Bagiku apa yang aku jalani dulu dengan sekarang berbeda. Aku lebih merasakan kedamaian yang sekarang dari pada sebelumnya.


Mokh Zainudin : Kakakmu bilang ke galant , aku tau dari dia, jalan yg benar ? Ada buktinya ? Kalau kamu mau tau sesungguhnya jalan mana yang benar kmu bisa tau jawabanya ke Mekkah.. Aku yakin pasti kamu bisa menemukanya di sana, sudah banyak yang membuktikany dari yang 
muslim, non muslim bahkan yang tidak percaya agama sekalipun telah membuktikany.


Ricke Yuani : Ya udah salam aja ke galant, salam damai untuk semua. Emang kamu sudah pernah ke mekkah to ? kok bisa bilang gitu ?

Mokh Zainudin : Emang aku belum pernah tapi sudah banyak yang membuktikany dan aku yakin itu benar untuk tau yang mana yang benar, maka buktikanlah yang aku ucapkan, ga harus nunggu kesana yang kesana lebih dulu. Aku yakin aku bisa kesana untuk meyempurnakan ibadahku tapi ga sekarang mugkin berapa tahun lagi, Amin.


Ricke Yuani : Benarnya dimana ? Aku pengen tahu deh. Menurutku disemua tempat itu benar dan damai. Semua milik Tuhan. Semua tergantung diri msing-masing, kalau kita bisa berbuat baik antr sesama, mau saling menghargai dan menghormati antar sema pasti dimanapun akan tercipta kedamaian ko.


Mokh Zainudin : Bukan masalah kedamaian, tapi tentang kebenaran yang sesungguhnya. Makanya buktikan !!! Kalo ada dana berlebih, aku sarankan untuk membuktikannya. Lebih cepat lebih baik/


Ricke Yuani : loh bukan masalah kedamaian gimana ? Kedamaian itu akan mengikuti kebenaran dan kedamaian itu yang paling penting menurutku. Tapi sesuatu yang dianggap benar belum tentu menciptakan kedamaian. Sekarang kenapa perlu menunggu dana berlebih ? Aku kan ga begitu minat. Tapi kalo kamu minat dan sudah membuktikan mau dong aku diajak. Lah terus untuk yang tidak mampu dan tidak bisa ke mekkah gimana ? Dana ke mekkah itu tidak sedikit lo. Menurut aku sih alangkah baikya di berikan ke pada fakir miskin yang lebih membutuhkan dari pada dibuat ke mekkah, mukzizat ada dimana-mana kok, nggak perlu jauh-jauh ke mekkah.


Mokh Zainudin : Kebenaran pasti akan mengikuti ? Lah aneh dengernya. Sesuatu apapun itu harus dimulai dengan kebenaran, kalau awalnya saja sudah tidak benar maka berikutnya dan sterusnya akan berantakan!!! Kenapa ? Ga berani ke Mekkah ? Pake alasan ini itu. Sudah jelas kalau kamu menyangkal dari kebenaran. Ibadah haji diwajibkan bagi yang sudah mampu .


Ricke Yuani : kebenaran menurut versi siapa ? kalo mnurut aku kebenaran datang dari rasa kedamaian. kamu bilang tidak benar gimana ? mana yg tidak benar ? bagimu mekkah itu benernya sing piye menurut kamu ? tolong jeskan. Bukannya takut untuk datang ke mekkah, ngapain takut. Tidak ada yang perlu aku takutkan. tapi coba dipikir kamu nyuruh aku ke mekkah hanya untuk membuktikan kebenaran versimu, wong kamu sendiri aja belum pernah membuktikan, kok segala nyuruh aku ke mekkah dulu. Ini tambah aneh dong.

Mokh Zainudin : Kebenaran adalah kebenaran bukan versi siapa-siapa, kalo ada versinya itu bukan kebenaran, emang aku belum pernah kesana tapi aku yakin sepenuhnya keprcayaan aku selama ini benar, kamu kan yang tidak percaya bahwa itu benar. Makanya buktikan apa yang kubilang ! Saran aku gini aja, kamu belum nikah kan ? Kalo mau nikah coba minta mas kawin ke mekkah, kalau dia cinta pasti mau.


Ricke Yuani : Aku ingin tahu kebenaran menurut kamu itu yang seperti apa sih ? kok dari tadi ngomongin kebenaran, kamu ga nyambung banget ?. Harusnya kamu jawab pertanyaan aku dulu. Bukannya aku nggak mau, tapi dari pada aku ke mekkah mending ke di indonesia aja nggak habisin uang banyak, karena kebenaran akan terkuak disitu tak perlu jauh-jauh ke mekkah.


Mokh Zainudin : Kebenaran yang hakiki yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ya iyalah semua tempat milik Tuhan. Di Indonesia kebenaran akan terkuak ? Ga mungkin.. Mimpi.. Negara semerawut kaya gini..Untuk tahu kebenaran yang kayak gimana, hanya bisa dibuktikan dengan kesana, yang dirasakan hati individu masing-masing. Jangan OMDO!!! Buktikan...

Ricke Yuani : Manusia di ciptakan Tuhan untuk berfikir. Kalo bisa menunjukkan suatu kebenaran bukan hanya dari lisan. Mana mungkin kebenaran tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata. Sama saja apa yang kamu ketahui hanya sebatas tahu, bukan bukti. Benar katamu kamu juga cuma OMDO... Hanya aku memaklumi apa yang kamu yakini sekarang. Jadi ya beginilah pola pikir orang-orang yang terpaku oleh suatu doktrin. Memang negara indonesia semerawut kayak gini, karena orang indonesia sudah banyak yang buta akan leluhur indonesia...(Wong jowo lali jowone).. kalo kamu gak percaya akan kebenaran yang ada di indonesia nggak usah hidup di indonesia...... hidup di mekkah aja !!!


Mokh Zainudin : Ya sudahlah.. Buktikan aja kenapa? Pasti kamu akan menemukan jawabanya buta leluhur kita(wong jowo lali jowone), emang kepercayaanmu dari jowo ? Dari india itu kepercayaanmu. Huuffftttt. Agamaku bukan doktrin dan aku sudah membuktikannya dari fakta-fakta yang terjadi dalam hidupku, kehidupan seblum aku dengan mencari hubungannya dengan kitab suci dan sudah terbukti cinta tanah air adalah sebagian dari iman, hanya saja ini negara bodoh yang aku bela.

Ricke Yuani : Sudah aku buktikan kok. Tapi kalo kamu perlu bukti yo sini tak buktikan. Tidak usah hanya sekedar gembar gembor yang tidak perlu, aku asale wong muslim tapi pola pikirku nggak kayak sebagian orang yang selalu menghakimi sperti dirimu. Santai aja deh nggak perlu mrah-mara hahahaha. Loh filosofi jowo memang gitu. Aku orang jowo jadi aku percaya akan leluhur aku orang jowo, lah kamu orang arab yo percayai aja wong arab, tapi nggak usah tinggal di indonesia sekalian hahhahaha. Kan percuma juga kamu bela negara yang kamu katakan bodoh kalau mau oncekono kitab sucimu. Temukan ada nggak yang bisa mengayomi untuk semua umat. Mungkin hanya khusus umat muslim. 


Mokh Zainudin : Oke, kapan-kapan kalo ada waktu aku ketempatmu. Apa yang bisa kamu buktikan ? Agamamu itu dari india buk? Bukan dari jawa .Wong jowo biyen kuwi penganut animisme bukan agamamu saat ini makanya aku bela agar tidak bodoh lagi. Maksudnya mengayomi semua umat apa ya ?

Ricke Yuani : Memang dari india tapi leluhurku orang jawa. Aku di lahirkan di bumi pertiwi indonesia. Lah kamu orang mana ?? klo kamu orang arab ngapain juga masih di indonesia ? Wong weda ada sebelum islam ada, istilahnya islam kan agama baru, nggak tau kan ? Makanya di onceki dulu al-qur'anmu. Dalam ajaran Hindu tidak ada yang namanya membeda-bedakan suatu umat beragama. Toleransi di utamakan. Wong sebelum islam ada, hindu mampu menerima semua ajaran baru termasuk islam. Hanya saja cara medakwahkan islam itulah yang kurang begitu diterima umat lain. Tapi coba lihat aja di kenyataan yang ada,.. 


Mokh Zainudin : Lah itu ngaku dari india. Ngapain ngusir-ngusir orang ? Kayak yang punya tanah aja. Aku orang jawa 100% orang jawa, islam ada karena kekeliruan & kesalahan-kesalahan agama sebelumnya di kitab suci kami pun sudah ada itu semua, bahkan peristiwa sesudah qur'an ada telah tercantum di dalamnya, kalo menurutmu cara dakwah yang tidak diterima, lalu mengapa pemeluk agama kami yang terbesar ? Bukan agamamu ? Coba pake nalar.


Ricke Yuani : Memang dari india, tapi hindu menentukan semuanya tergantung adat dan budaya masing-masing setiap negara. Jadi kalo hindu ada di indonesia, itu tidak lepas dari leluhur Indonesia, bukan leuhur orang Arab. Memangnya islam bisa seperti itu ? Aku rasa tidak bisa. Semua serba paksaan. Kaum radikal seperti dirimu, yang setidaknya memaksakan kehendak orang lain wujudnya seperti pola pikirmu. Aku sudah nyaman dengan apa yang aku jalani, kamu pake ngusik hidup aku segala, apa engga lucu ? Kekeliruan yang bagaimana ? Bukankah yang terbaru itu istilahnya menjiplak yang lama ya ? Di dalam weda sudah ada, aku asalnya islam bisa bandingkan mana yang bisa di nalar dan mana yang tidak. Kalau memang di kitab suci al-qur'an sudah ada buktikan ???? iya q tau pemeluk islam lebih bnyak dripada hindu.... krna adanya kaum misionaris yg cara org islam yg memaksakan kehendak umat lain...... smpai terjadi pertumpahan darah..... sblm agama islam mnjadi terbesar, agama hindulah yg berkuasa di bumi pertiwi ini..... tp semenjak indonesia dpt pengaruh dari arab, muncul kerajaan demak yg sengaja ingin menghancurkaan kerajaan majapahit......dri situlah umat hindu mnjadi kaum minoritas........ tp dilihat dri kualitas pemeluk agama terbesar bagaimana??kelihatannya nggak sinkron sm relita yg ada.......

Mokh Zainudin : Nah itu d agamamu jg ada kaitannya dg kakbah..Ayo buktikan saja!! Niscaya km akan menemukan kbenaran dsana..


Ricke Yuani : kebenaran drimana???? jelas2 asal usul ka'bah aja dari kuil hindu...... y q lbih mmpercayai hindu yg lebih utama mendirikan ka'bah........hadeh pemikiranmu di buka dulu, jgn kau persempit...........


Mokh Zainudin : Iya dari kuil..Tp diancurkan to..Masak manusia menyembah patung yg dbuatnya sendiri..Islam bukan paksaan, tp dr hati ga ada yg memaksa kmu kmbli k islam, krn islam g kenal paksaan..Q ngomong kyak gini krn care ama kmu tp klo kmu nanggepiny beda y trserah sih,. Yg pnting kwajibanq tuk mengingatkan udah tuntas..Islam jg mngenal akulturasi kq., salah satu walisongo dakwah pake wayang, bangunan mesjid jg dsesuaikan dg adat kata siapa islam ga ngenal toleransi..


Mokh Zainudin : Bentar deh..Kerajaan demak sengaja menghancurkan majapahit..Ckckck dulu sd,smp sejarahx dapat nol yak?? Coba dbuka lagi buku sjarahx, ga pernah ada tuh prtempuran demak-majapahit


Mokh Zainudin : Kalo masalah kakbah dari Nabi Ibrahim pun sudah ada.. Jauh sblum hindu ada yg q tekankan dsini bukan kakbah ato bangunanx tp suasana prasaan/hati/jiwa jika ksana pasti beda..Mgkin cuma itu yg bs q sarankan smoga berguna.

.
Ricke Yuani : eh jangan salah, ka'bah yg qm anggap kuil ato patung tu terbuat dari ap?? qm pegang keras nggak???hahhahaha...... ngapain boro2 jauh pngen nyiumi batu hajar aswat , klo org muslim aj juga mengaku bekas kuil di sembah...... nah nggak pahamkan qm,,,, memang semua sejarah di indonesia di rahasiakan sebagaimana apiknya umat muslim menatanya,,,sampai2 sejarah kerajaan indonesia aja di manipulasi..... klo nggak percaya q bsa buktikan......... biarpun qm menganggap q nggak pernah skolah ato ap tp q paham akan alur sejarah yg menghancurkan hindu....jd yg perlu di buka lg bukunya dirimu itu ya......... makanya pemahamanmu nol......... wah klo wayang asalnya dri mana ya??? emang arab mengenal wayang??? wong wali songo aja belajar kultur kebudayaan dari ajaran hindu..... 


Ricke Yuani : topik yg qm bicarakan tadi kn mekkah, knpa skrg malah mmbicarakan perasaan/hati/jiwa.... klo bcra msalah itu jelas beda lah...wong tiap2 org nggak sama.............klo jelas2 tau gk sm knp qm menjudge q... seolah2 dirimu yg paling benar....hahhahaha, kalo umat muslim mengenal toleransi kenapa dalam al-quran disebutkan u/ menjauhi orang2 yang dianggap nggak sepaham dengan ajaran islam?? selain menyembah allah di anggap kafir, selain umat islam patut di bunuh.dn msih bnyk hal lg yg tak perlu q sbutkn 1 per 1 dripd qm ntr bingung...hahaha.......apkah itu yg di sebut dgn toleransi??? klo memang di ajarkan toleransi kenapa tuhan mehakimi scra sepihak??? bukankah di katakan Tuhan itu adalah Tuhan yang bisa menyinari untuk semua mahkluk???.... bukan hanya umat islam saja......... cb di pikir scra logika..... bagaimana indonesia bsa mnjadi tentram dan damai klo salah satu umat sperti dirimu menghakimi keyakinan orang lain........ bukankan alam semesta ini akan damai jka suatu perbedaan tidak di perdebatkan......... 


Mokh Zainudin : yah anak tk jg tau klo itu keras,,yang disembah bukan kakbah tapi tetep Allah swt.heee itu pertamanya bukan kuil ya,,,Nabi Ibrahim pertama yang memulai ibadah haji disitu,,"memang semua sejarah di indonesia di rahasiakan sebagaimana apiknya umat muslim menatanya"apa gunanya coba?? ga penting banget,,,,,yang suka memanipulasi tu orang kristen*sori sebut merk mulai dari penemuan yang sederhana/ teknologi mereka akui terutama orang barat,, dan itu sudah tak terelakkan lagi


Mokh Zainudin : kalo sejarah Indonesia, kan yang membuat orang Indonesia ndiri kok bisa2nya orang muslim disalahkan,,, ga banget gitu setahumu hindu apa? majapahit?? asal kamu tau jatuhnya majapahit karena penghianatan orang dalam Rawarontek dkk. lupa aq namanya. lah,,, yg q maksudkan sejak awal ya itu kebatinan di mekkah akan menyentuh hati individu masing2 meskipun q blum pernah merasakannnya..ya jelaslah disuruh menjauhi karena dapat mempengaruhi kejelekan/keburukan pada umat muslim......selain menyembah Allah itu kafir itu sudah jelas ga perlu ditanyakan lagi.."selain umat islam patut dibunuh" coba sebutkan dalam ayat Alquran mana itu disebutkan? ngarang aja,,sudah jelas2 membunuh itu diharamkan,, kok bisa bilang kaya gitu,,,,,o ya lupa,, soal wayang makanya itu namanya akulturasi,, dakwah pake wayang jawa.. kalo wayangnya dari Arab mah bukan akulturasi namanya huuuftt capek deh.....kamu tau Ki Manteb dalang yang sangat terkenal, kenapa dia muslim? ga hindu aja...karena dia tau yg mana yg benar... ga kayak kamu, padahal dia udah tau semua sejarah jawa termasuk hindumu itu...Tuhan menghakimi secara sepihak??? maksudnya..
ya semua manusia(makhluk ciptaanAllah) pasti akan dihakimi lah,, secuil apapun kesalahan yg diperbuat akan dimintai pertanggung jawaban tanpa terkecuali
Tuhan menyinari semua makhluk,, makhluk yang mau menyembahNYa dan bertawakal kepadaNya bukan yang menyekutukanNya termasuk yang menyembah patung atau berhala kaya kamu
siapa yang menghakimi?? siapa yang memperdebatkan?? q pada mulanya mencoba nasehati dan nanya2 dikit...malah kamu yg nanggepinnya sengak ya udah q sengak'in sekalian........kalimat terakhir berikut tolong DICAMKAN BAIK2.....Aq bersedia menerima tantanganmu untuk membuktikan omonganmu,, tp kamu jg harus menerima tantanganq pergi ke MEKKAH........jgn2 banyak Bacot,, buktikan kalo kamu punya nyali 


Ricke Yuani : tak jwb 1 per 1 deh ...Pastinya anak TK jg tau lah ..tapi bukan itu yg di bahas disini......qm kn dah tau ka'bah bekas kuil hindu, tapi ngapain juga qm boro2 nyembah ka'bah yang qm bilang tadi rumah Allah. bukannya jika dikatakan Tuhan, tuhan selalu ada dimana2??? ngapain juga jauh2 ke mekkah..... 
nabi ibrahim bagi mu pertama yg mlakukan ibadah haji, tp kan sbelum ada ibadah haji umat hindu tau klo tmpat yg digunakan itu adalah bekas kuil hindu,,perlu q katakan brp kali lg....jd udah jelas sbelum ad nabi ibrahim jelas hindu sudah ada........ skrg yg di cari faktanya bukan hnya skedar omongan doank ,,,, 
q jd manusia sih nggak menganggap ajaran yg q pilih ini paling benar diantara semua ajaran yg ada... tu semua akan membuat manusianya mnjadi sombong ......
bagimu sejarah indonesia nggak penting banget karena qm jg nggak tau kan sejarah indonesia yg sesungguhny mkanya bilang kyak gt.............
eh eh kok jd lucu sih dialog ini,, padahal qm tdnya membahas tntang hindu dan islam, ngapain juga nyangkut2in agama kristen....hadeh kok mengkambinghitamkan agama lain. emg dalam ajaranmu menyuruh umat nya seperti itu ya????
hindu adalah suatu ajaran dharma yang mengajarkan umatnya kebaikan ..... mengajarkan cinta kasih sesama semua mahkluk tanpa terkecuali..tak membanding2kan siapa saja.... termasuk semua umat beragama.... jd mmpu mnyinari semua mahkluk ciptaannya
klo memang qm bermaksud membicarakan kebatinan mekkah bukan sperti itu cranya,, ngomong baik2 kn bisa... qm ngajak ngbrol q aj seolah2 qm mengganggap dirimu paling benar..belum tentu apa yang qm lakukan ini benar di mata Tuhan....
wah berati Tuhan melakukan provokasi dunk kepada umatnya untuk menjauhi umat lain??? masak Tuhan memiliki sifat seperti itu??? klo memang Tuhan bisa dikatakan Tuhan yang adil kenapa juga Tuhan menyuruh umatnya untuk menjauhi sesama ciptaannya.. padahal jika Tuhan dikatakan sebagai sang pencipta yang maha adil adalah Tuhan yang mampu berbuat adil untuk semua mahkluk ciptaannya bukan hanya berbuat adil untuk umat muslim saja..... 
q sih nggak ngarang tentang itu,,qm menganggap membunuh itu di haramkan dlm ajrn islam,, tp knapa di kitab suci mu bnyak sekali hal2 yg berbau kekerasan???? cba deh buka al-qur'anmu tanpa qm sadari bnyak sekali provokasi melakukan kekerasan yang sudah di sebutkan dalam kitab mu... hya saja qm nggak sadar. di ayat Al-anfaal 7 bahwa selain umat muslim harus di musnahkan, bukannya itu sm aj untuk mmbunuh.

Ricke Yuani : al-anfaal 12 Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka. 
al-anfaal 17 Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 


Ricke Yuani : nah ibarat sebuah film , sutradara/Tuhan memebri peran pada pemain untk memainkan peran antagonis/jahat. dan pemain itu bisa melakukan tugas nya dgn baik , tp di akhir cerita pemain tersebut malah malah di hukum /di beri sangsi oleh sutradara. apakah ini adil ???? 
itulah sebagian saja ayat2 yg q sebutkan...... klo nggak pcya buka lagi deh kitab sucimu..... tp di pikir secara logika, kenapa tuhan berbuat seperti itu??? 


Ricke Yuani :  masalah akulturasi budaya memang banyak sekali di indonesia, tp cerita pewayangan kan sebenarnya dari cerita mahabarata dan ramayana dan itu adalah cerita hindu....tp wayang sekarang banyak di belokkan ceritane oleh para dalang untuk tujuan dakwah, padahal udah tau tu cerita mahabarata n ramayana.....wayang yang sekarang sudah tercabut dari akarnya dan sudah mulai luntur kesakralannya......
wah berarti Tuhan seenaknya sendiri donk sama mahkluk ciptaannya...habis di ciptakan , nasib di tentukan oleh tuhan, mati di adili pula..... sm aja dengan Tuhan begitu kejam donk..... nggak masuk akal....bukankah yang bisa mengadili kita semasa hidup kita adalah perbuatan kita semasa hidup...???jadi apa yang kita lakukan di kehidupan kita , maka kelak kita akan diadili dgn perbuatan kita masa mendatang..... dan hindu percaya akan hukum karma ....
sudah q katakan berapa kali lagi, bahwa tuhan dalam hindu adalah tuhan yang selalu menyinari semua mahkluknya,tanpa mmbeda2kan segalanya.. tapi beda dengan tuhanmu, , yg hanya di ampuni adalah hanya umat muslim... bukankah itu tidak adil???
qm nggak merasa bahwa apa yg qm katakan diatas adalah kalimat menghakimi... bahkan mengancam...... kalo qm menasehati atau memperingatkan harusnya caranya nggak seperti itu....apa di agamamu mengajarkan kamu bersikap seperti itu??? 
dan sebenarnya di obrolan ini q tdk ingin mau katakan semua tu terutama masalah al-qur'an , tp karna qm nggak paham dgn ap yg q smpaikan , terpaksa q katakan semua itu...dan pelajari lagi deh isi kitabmu..... 
santai aja deh, cara ngomongmu aja sudah membuktikan kalo apa yang kamu pelajari sesuai dgn ap yg q katakan diatas...tp q memaklumi kok,..klo qm bisa bijaksana menyikapi obrolan ini harusnya kata2 kasar itu nggak perlu keluar dari ucapan mu yang notabennya seorang umat muslim yg tau akan etika dlm berkomunikasi,,, masih pantaskah qm dikatakan mahasiswa yang mempunyai intelek tinggi .... 
alangkah indahnya dunia ini kalau suatu perbedaan bisa disikapi dengan bijaksana..... 

Mokh Zainudin : udah dibilang sebelum hindu ada, kakbah udah ada bos,, itu penigalan Nabi Ibrahim as. yang dikenal Bapaknya para nabi,, dan sudah q bilang juga yang disembah bukan kakbah tapi tetap Allah, kakbah hanyalah rumah Allah,,
ibaratkan saja kalo nglamar seseorang(lebih mendekatkan diri/hub lebih jauh lagi) ya harus datang k rumahnya lah,, masak diam2 hehehe
skrg aq tanya deh hindu ada sejak tahun brapa sih?? kok bisa kamu bilang kaya gitu...

"q jd manusia sih nggak menganggap ajaran yg q pilih ini paling benar diantara semua ajaran yg ada" lah.. tu kmu dah nyadar,, kalo ada yang paling benar ngapain pilih yang biasa yang belum tentu benar
klo ibarat beli vcd sih kalo ada yg asli ngapain beli bajakan,,,,
bukan mengkambing hitamkan,, tp menghubungkan dg masalah yg dibahas yg dsesuaikan dg fakta,,
yang dimaksud menjauhi di sini bukan menjauhi orangnya melainkan menjauhi pengaruh buruk dari mereka kalo mereka ga memberi pengaruh buruk q rasa fine2 aja..
Tuhan Maha Adil ya.. memberi balasan setimpal apa yang telah diperbuat selama di dunia baik muslim maupun nonmuslim,, bahkan kalo muslim tp dia membunuh, zina dan sejenisnya Allah tak segan2 memasukkannya ke neraka jahanam...
Al Anfaal ayat 17,, kalo dilihat awalnya/latar belakangnya dulu,, surat ini menceritakan peristiwa perang badar dimana jumlah pejuang muslim sangat sedikit jauh sama musuhnya pejuang kafir kalo ga salah 1:1000 q lupa tepatnya berapa yg jelas timpang banget...
ayat 15 disebutkan kalo ga salah kaya gini bunyinya hai oranr2 mslimin apabila orang2 kafir MENYERANGMU maka janganlah kamu membelakagi mereka(mundur)............dst(llupa aq) coba dilihat apabila diserang,, nah kalo kamu diserang gimana? pilihanmu hanya menyerang balik atau mati diserang,,,
Nah itulah keagungan Allah dengan jumlah pasukan sedikit pejuang muslim yg memenangkan perang tsb. kalo yg ayat 12 itu sebagai penyemangat pejuang muslim yg notabene jumlahnya kalah telak
kalo film itu direkayasa,, nah kalo hidup ini terserah manusia yg menjalani apakah dia berbuat baik atau buruk itu pilihan manusia bukan Allah yang memilihkan,, makanya manusia diberi akal untuk berpikir mana yang baik dan mana yg benar..
masalah wayang itu masalah kalian ndiri,, kenapa kalian ga melestarikannya ndiri,,, kok malah nyalahin yg lain..
aq bilang seperti itu karena q orangnya ga sabaran jd klo ibarat anak kecil kmu anak sa ndablek2e arek cilik kudu ceplesi cek ga tuman,,,
q santai kok orangnya ni q malah nyambi makan.. 
ckckcck ga pantes q dikatakan mahasiswa berintelek tinggi aq setuju banget itu,, aq bukan mahasiswa lagi ya hahahahaha... udah lulus taun kmaren hehehheee


Ricke Yuani : apa buktinya kalo ka'bah sudah ada sebelum hindu ada???
q kn udah ngasih buktinya bahwa sblm ad ka'bah , yang berdiri kokoh itu adalh kuil hindu... BUKTIKAN.... ...
nggak ush jauh2 deh kalo ingin mendekatkan diri kepada Tuhan... bagi q rumah Tuhan itu selalu ada disetiap jiwa manusia itu sendiri. 
kenapa jauh2 ke mekkah hnya mencari rumah Tuhan. berarti Tuhan dalam umat muslim itu jaga jarak ya sm manusia ciptaannya?? wujudx qm bilang klo rumah allah di mekkah... kasian para manusianya donk... klo mau berdoa menyembah Tuhannya harus mengeluarkan bnyak uang.. untuk pergi ke mekkah, sedangkan yg belum bisa ke mekkah cuma sholat dari jarak jauh doanya sedikit terabaikan... hehehehehe... lucu ya.....
hindu itu tidak berawal dan tidak berakhir (anandi ananta) . dan sesuatu yg mempunyai awal pasti akan mempunyai akhir.. ya kayak agamamu itu..suatu saat akan pnya akhir( hari kiamat).tp klo dalam agama hindu nggak ada yg seperti itu.
Tahun baru hindu di mulai tahun baru saka..sdgkan islam thn hijriah.... dri situ aj sudah bisa dilihat dgn kasat mata kalo hindu sudah ada sebelum islam ada.... 
dri dialog qt kmrn smp skrg blm ada bukti sdikitpun yg qm tunjukkan..hanya yang ada cm omonganmu aj...mana buktinya??? 
wah berati qm nggak bisa menyimpulkan apa yg q katakan, q blg seperti itu " q gak menganggap ajaran q paling benar dari ajaran laen karena akan menimbulkan kesombongan" , dari kalimat itu harusnya qm tau donk ,klo q menganggap bahwa ajaran q benar dripda yg lainnya nantinya q mnjadi sombong sperti qm ni.. padahal dalam ajaran hindu tidak mengajarkan umat nya untuk bersikap seperti itu....q menganggap ajaran q benar dengan q meyakininya dengan penuh bhakti kepada Tuhan, bukan di tunjukkan kepada orang lain seperti cara yang qm lakukan...hahahha..., tp q juga maklum sih,
nah, qm bahas masalah VCD bajakan, skrg dilogika ya... sblm ada VCD bajakan pastinya sudah ada yang asli kan...dan yg asli itu ada sblm ad VCD bajakan... jd logikanya hindu kn ada lebih dulu dari pada islam, jd apa yg qm sampaikan juga pas deh.. q cm menegaskan apa yg qm sampaikan diatas..... 
klo qt tau etika berkomunikasi, pastinya qt tau apa yg qt bicarakan menjalur nggak dgn ap yg qt bahas dri awal.....klo qm mmbahas agama kristen sm aj to mngkambinghitamkan agama org laen...
seumpama klo jd penanya ato penyaji presentasi, bsa2 qm di stop sm moderator tuh.krena apa yg di sampaikan menyimpang dri topik yg dibicarakan.hehehhehe ... 
wah berarti sebelumnya Tuhanmu sudah mempunyai pikiran negatif donk dengan mahkluk ciptaanya klo ada yg mmbwa pengaruh buruk?? tetep aja kan dpt provokasi langsung dari Tuhanmu...
kenapa ya Tuhanmu kok begitu kejam??? sampai2 memasukkan ciptaanya dineraka jahanam??? 
kan dari apa yg q sampaikan sbelumnya segala perilaku manusia di muka bumi ini yang sangat adil untuk menhukumnya adalah perbuatannya sendiri??? 
klo Tuhan menghukum manusia ngapain juga di ciptakan dimuka bumi ini kalo toh akhirnya yang dilakukan di bumi ini serba salah, dan akhirnya tetep dialii kelak ...
wah qm klo baca kitab sucimu setengah2 deh.. mana ad dialog tu blg klo nggak salah.. mestinya jadi salah tuh..hehehehhe....lha gmna buat org prcya klo tiap ngomong nggak ada bukti nya... hnya skedar tau, tp blm tntu bner...
q sih paham kok dgn surat al-anfaal tu, kmrn2 klo tak sebutin semua kasihan qm bingung jg.... cz trllu bnyak ayat tp tak lepas dri kalimat yg berbau kekerasan.... 
klo q sih di serang ya di balas dengan bijaksana...nggak sperti qm nyerang q dgn cacianmu kemarin tu.... .... 
Eh kok tumben qm nggak nyolot2 kyak kemarin??? sedikit jaga sikap ya??? kalo pgn marah2 aj gpp,, cz q maklum kok.hehhehe
kan q bilang Tuhan dalam agamamu ibaratnya seperti film..sm aja donk Tuhan sudah merekayasa apa yang sudah di ciptakan... kasihan manusianya, bingung menyikapi mau nya tuhanmu... 
.Apa buktinya klo Tuhanmu maha adil??? kalo memang tuhan dikatakan maha adil nggak ada istilah Tuhan membalas apa yg sudah manusia lakukan... mmm di dengarx jadi Tuhan pendendam donk??? klo manusia mnjalankan perintahnya Tuhanmu pasti senang ya, tp coba klo manusia tidak menjalankan perintahnya Tuhanmu nggak segan2 akan membalasnya dgn kejahatan pula...
ya pastinya donk manusia di ciptakan tuhan untuk berfikir, mana yang benar dan mana yg buruk. sekarang di logika aj deh, klo Tuhan nya memiliki sifat yg seperti itu nah sbgai mnusia bagaimana qt mnyikapinya?? bingungkan.hehhehe..
klo masalah wayang, gimana mau melestarikan...wong sejak jaman runtuhnya majapahit kaum radikal sperti umat muslim sudah merampas hak umat hindu untuk melestarikan kok... 
asalnya kebudayaan hindu tp islam mengklaim kalo tu asli warisan nya...jd siapa donk yg curang...hehehe...
pantesan sih qm org nggak sabaran... klo mnyikapinya maunya cepet2, nggak lihat situasi dn kondisinya, 
ow gitu ya??? pola pikirnya ibarat sikap jd temperament... ...
berati klo qm mnyikapi seperti yg qm ibaratkan td juga berbau kekerasan donk....nggak lepas dri ajaran kitab2 suci mu... 
ups iya lpa klo qm udh bkan mahasiswa lagi,,, tp sudah menjadi bagian dari masyarakat yang harusnya mempunyai intelek tinggi...tp di lihat dri dialog qt kemarin nggak sesuai kenyataanmu.... rugi ya kuliah jauh2, ternyata yang didapat pola pikir yg sperti itu pula...

Ricke Yuani : Perlu qm ketahui Bahwa ajaran hindu ajaran yg penuh welas asih.tak ada sdikitpun dlm pustaka sucinya membeda2kan mahkluk ciptaan nya. 
Ada sloka dari Bhagawad gita (4:11) "jlan manapun yg dtempuh manusia untuk mendekati aku,dgn jalan itu aku terima mereka;jalan manapun yg mereka pilih pada akhirnya mereka akn mencpai aku" >> intinya kn dlm sloka ini, biarpun manusia beragama selain hindu, tuhan dalam hindu tetap menerima jalan nya.tanpa memandang agamanya apa.. Jadi tuhan hindu mampu mengayomi dan mendoakan semua mahkluk tanpa terkecuali..jd dsini sangat ditekankan toleransi yg tinggi. 
Semuanya manusia di anggap sma.yg membedakan adl perbuatan yg dlakukan stiap mnusia. Serta Tuhan dalam hindu tak pernah mengadili manusia. Dn q ktakan lg bhwa dlm hindu percy akn hkum krma.. Sgla prbuatan yg dlakukan mnusia dkhdupan skrg mka kelak akan dblz jg dgn prbuatanx dmasa mendatang..dan percya renkarnasi, pghidupan kembali guna memperbaiki perbuatan manusia di masa lampau..
bandingkan dgn ajaran mu.. 


Mokh Zainudin : sssssttt. dipikir2 percuma jg nasehatin kmu, buang2 waktu aja.. masih banyak hal lain yg lbih penting,, wong udah ga punya telinga yg q sesalkan ortumu,, kasian mereka secara tidak lgsung telah menabung neraka karena telah gagal mendidikmu,,, yg q sarankan cepat2lah kmu nikah ama dia agar beban ortumu berkurang dan tidak semakin menumpuk lagi dosa mereka karenamu
q masih berharap kelak kmu menemukan seseorang yg bisa menyelamatkanmu Amin..
Yg terakhir,, surat A-lKafirun 

1. Katakanlah: Wahai orang-orang yang menyangkal kebenaran (kafir)!
2.Aku tidak menyembah apa yang kamu sembah
3. Dan kamu tidak menyembah apa yang aku sembah 
4. Dan aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,
5. Dan kamu pun tidak akan menyembah apa yang aku sembah
6. Untukmu agamamu dan untukku agamaku!
salam perpisahan


Ricke Yuani q : lo nggak minta qm nasehati... wong yg datang di inbox q dulu siapa coba..... 
alloww, telinga q masih ada tuh 2 2 nya jg utuh..pemberian tuhan yg paling sempurna.... ... tapi sayangnya qm nggak bisa liat sih, mw lihat gimana, jelas ne ngobrol aj lewat inbox.... ... 
eh knpa sih qm kok yg repot sendiri...wong ortu q aj fine2 aj gt kok... malah ne lagi ngobrol ma ortu q... emg qm tau to apa yg di rasakan ortu q?? wong ortu q tuh paling deket m q kok..n jelas2 ortu q bilang ndiri ke q, q masuk hindu gak apa2 kok , terpenting q masuk hindu dari kesadaran q sendiri..... 
wong qm aj belum tau kok jd sok tau gt deh..hehehehe ....apa yg da di pikiran ortu q nggak terlalu jauh sperti apa yg qm pikirkan...
semua manusia hidup di dunia ini di berikan akal pikiran, dan sudah mempunyai buah perbuatannya sendiri2. iya klo di agamamu bilang klo anaknya keluar dari agam lain sm aja menabung neraka , tp kalo dalam agama hindu tidak seperti itu, karena agama hindu menekankan semua yang manusia jalani dalam kehidupannya ya tidak lepas dari karma masa lampau. masak ortu q melahirkan anaknya tapi dosa kedepan yang nanggung orang tua??? kan ya nggak masuk akal deh, wong setiap manusia di berikan hati yg berbeda, jiwa berbeda, bahkan raga nya pun juga berbeda mana mungkin perbuatan nya bisa di tanggung org lain..jelas org lain yg melihanya jg nggak mau dunk .... sm aja Tuhanmu tuh curang deh... ibaratnya kita nggak ikut membunuh org lain, tp hukumannya di tuduhkan ke qt, sm aja melemparkan kesalahannya pda org lain........di hindu nggak ad yg seperti itu...
mksih deh buat sarannya, .. tp maaf hnya bsa q dengar saja.... 
yah terimakasih deh doanya.. wah q nggak butuh penyelamat kok..krena yang bisa nyelamatin q adalah perbuatan q sendiri..karena hindu ajaran q mengajarkan q akan itu... klo butuh penyelamat q jd gak bisa mndiri donk.... 
tuch surat udah sering q baca ,, q jd smp hafal deh.... 
makanya q lebih memilih hindu, karena itu dalam hindu kan udah q sebutin sloka bhagawad gita (4:11) bhwa Tuhan mampu mnerima semua manusia baik hindu maupun non hindu tanpa membeda2akan nggak seperti agamamu, surat al-kafirun tu surat yang di turunkan tuhan untuk menghakimi mahkluk ciptaannya.... wujudx kaum kafir yg qm aggap itu kn jg sama aja dgn mahkluk ciptaannya Tuhan... masih belum bisa berfikir luas ya qm ne.....
dalam agamamu kan lakumdinukum waliadin (agamamu agamamu agamaku agamaku) jadi Tuhanu mengayomi umatnya hanya khusus yang beragama muslim , jd tidak bisa bersifat universal..tapi dalam agama hindu adalah Tat Twam Asi (Aku adalah kamu dan kamu adalah aku) , jadi bisa dikatakan bahwa hindu itu universal, ajaran yang bisa menerima ajaran lain tanpa melihat dari sudut pandang manapun.. serta mengajarkan arti toleransi yang sangat tinggi........
1 lagi, kenapa salam perpisahan??? kayak mau mati aja deh.....hehhehe
"Semoga qm bisa pahami arti dri ap yg q sampaikan, jangan menghakimi keyakinan seseorg secara sepihak, belum tentu apa yg qm lakukan itu benar di mata Tuhan" 
bukankan Alam semesta ini akan lebih indah dg adanya perbedaan dan bs sling menghargai. ......
Semoga Kedamaian menyertai qt semua.


2 comments:

Silahkan berkomentar secara sopan dengan menggunakan bahasa baku yang baik dan benar demi menghindari spam.